Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Rumah




Memutuskan dan membuat rencana untuk membeli rumah bukanlah perkara yang mudah. Rumah akan menjadi tempat kamu bernaung bersama keluarga dalam waktu yang tidak sebentar. Tidak menutup kemungkinan rumah yang akan kamu beli saat ini akan menjadi warisan untuk ditinggali oleh anak cucu bahkan hingga cicit kamu. Oleh karena itu, membeli hunian pribadi tidak boleh dilakukan dengan senbarangan.

Meskipun kini proses membeli rumah semakin dimudahkan karena tidak melulu harus dengan uang besar. Kamu bisa memilih untuk mengajukan KPR atau membeli rumah BTN murah. Saat ini sudah cukup banyak lembaga keuangan dan bank yang menyediakan layanan pembiayaan kredit untuk membeli rumah, tinggal kita selaku calon nasabah dan pembeli yang memilih layanan dengan produk yang sesuai dengan kemampuan finansial.


Selain masalah keuangan, kita juga perlu untuk mempertimbangkan banyak hal untuk memilih rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Berikut beberap ahal yang perlu kamu cermati sebelum memilih dan membeli rumah.

Tanah Dan Lingkungan
Posisi dan kondisi tanah serta lingkungan, meliputi sumber air, kemiringan tanah, saluran air, hingga keamanan dari bencana seperti banjir. Kamu tentu tidak ingin tinggal di rumah yang terletak di kawasan rawan banjir. Setiap musim penghujan tiba, kamu selalu ketar – ketir dengan proses penanggulanganb bencana banjir yang sangat merepotkan. Selain itu pastikan rumah yang kamu pilih bebas dan jauh dari tindakan kriminal.

Fasilitas
Kelengkapan sarana dan prasarana atau fasilitas untuk keluarga menjadi fktor yang cukup krusial dan penting untuk dipertimbangkan. Keberadaan fasilitas umum seperti sekolah, pusat perbelanjaan, angkutan umum, rumah sakit, hingga jalan raya menjadi kebutuhan yang harus dengan mudah kamu dapatkan.

Konsep Lingkungan
Kondisi lingkungan yang membuat komunitas nyaman antara satu rumah dengan rumah lainnya tentu sangat penting. Kita merupakan makhluk sosial yang tetap memerlukan hubungan baik dengan manusia lainnya. ketersediaan taman bermain, jogging track, lahan kosong untuk berkumpul dan bercengkaram dengan tetangga,hingga tempat beribadah menjadi nilai plus pada suatu kawasan hunian.

Spesifikasi Bangunan
Kondisi dan kualitas bangunan rumah merupakan informasi yang tidak boleh kamu abaikan. Kualitas bangunan, kamar, tembok, kamar mandi, ventilasi hingga atap peru menjadi perhatian khusus. Material dan bahan apa yang digunakan. Dengan mengetahui kualitas material tersebut, kamu akanmudah untuk mengukur dan memprediksikan kekuatan dan katahanan rumah tersebut. Pastikan untuk mendapatkan asuransi selama satu tahun untuk melewati dua musim. Hal ini dilakukan untuk menguji apakah rumah akan bertahan dalam musim apapun.

Bila kamu tidak bisa memprediksikan sendiri bagaimana kualitas dan kondisi bangunan rumah. Minta bantuan pada teman atau kerabat yang sudah penah membeli rumah atau mengerti akan hal – hal semacam ini.

Legalitas Dan Kelengkapan Dokumen
Kelengkapan dokumen dan kelegalannya menjadi hal yang sangat penting untuk kamu pastikan saat membeli rumah. Hal ini akan membuat kamu terindar dari  konflik hukum yang mungkin akan terjadi di kemudian hari. Pastikan penjual merupakan pemilik rumah, dengan memeriksa data diri yang ada pada dokumen dengan Kartu tanda Penduduk yang dimiliki penjual. Hindari membeli tanah yang ada dalam sengketa atau merupakan warisan, karena proses yang akan kamu jalani menjadi lebih rumit.

Dapatkan Harga Terbaik
Harga atau nilai jual rumah terbaik tidak selalu murah atau tinggi. Belilah rumah dengan harga yang sesuai dengan lokasi, ukuran, tipe hingga berbagai spesifikasi lainnya. pastikan untuk memerksa harga pasaran di kawasan rumah yang akan kamu beli. hindari untuk membeli rumah dengan nilai jual yang sangat jauh dari harga pasaran, tidak menutup kemungkinan dokumen yang kamu dapatkan tidak legal atau ada faktor lain yang luput dari pehatin.

Pilih Pembayaran Yang Sesuai
Hal yang paling utama saat membeli rumah ialah melakukan proses jual beli atau pembayaran dengan cara yang tepat. Pilih sistem pembayaran yang sesuai dengan kemampuanmu. Tunai keras, tunai bertahap atau kredit. Bagi kamu yang tidak memiliki budget lebih bisa memilih untuk membeli rumah BTN murah dengan cara kredit. Pastikan untuk memilih produk kredit dengan bunga rendah agar angsuran yang kamu dapatkan menjadi lebih ringan. Jangan sampai besar cicilan setiap bulan membebani dan menyiksamu. Usahakan nominal cicilan tidak lebih dari 30 % besar penghasilanmu.

Berhati – hati dan lebih cerdas dalam memilih serta bertindak. Membeli rumah tidak hanya sekedar memilih dan melakukan pembayaran uang muka saja. Masih ada proses angsuran dengan tenor tertentu untuk memiliki rumah sepenuhnya. Meskipun nilai jual rumah yang kamu dapatkan memiliki harga yang sangat murah sekalipun, kamu tetap mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karena itu pastikan untuk membuat rencana dan langkah yang mantap.

0 komentar :

Posting Komentar

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts

© Copyright 2013. avtonc.com. All Rights Reserved. Designed by: LBT (Lovely Blogging Tricks)