Bukan Air Conditioner, Inilah Produk Kipas Angin AC yang Makin Diminati


Produk pendingin ruangan saat ini memang sedang banyak yang meminati. Dengan keadaan global warming yang kian memburuk, membuat suhu bumi terus mengalami kenaikan dan udara menjadi terasa panas. Ketika udara menjadi panas maka produk pendingin udara pun akan semakin banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Sekarang ini produk pendingan ruangan sudah banyak ragamnya. Jika dulu mungkin kita hanya mengenal kipas angin dan Air Conditioner (AC), maka saat ini kita bisa mendapati produk sejenis seperti air humidifier, air purifier dan juga air cooler atau kipas angin AC. Dari munculnya beberapa produk pendingin ruangan lain ini maka kita sebagai konsumen pun bisa memiliki pihan saat akan melakukan pembelian.

Diantara beberapa pilihan perangkat pendingan ruangan ini, kipas angin AC ternyata menjadi pilihan yang semakin diminati. Bahkan popularitas kipas angin AC saat ini sudah melewati produk air conditioner. Banyaknya kelebihan yang ada pada kipas angin AC memang menjadikan produk ini banyak yang menggemarinya. Beberapa kelebihan dari kipas angin AC tersebut antara lain kemampuannya untuk menghemat listrik lebih banyak. Dibanding air conditioner, kipas angin AC memang sangat hemat listrik. Bayangkan saja untuk menggunakan kipas angin AC ini kita hanya membutuhkan daya listrik 80 hingga 110 watt saja. Tapi bila Anda menggunakan air conditioner maka kebutuhan listrik yang diperlukan bisa mencapai 300 watt. Dari beban daya listrik yang rendah dari kipas angin AC ini maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya bulanan untuk listrik yang besar.
Kelebihan berikutnya dari kipas angin AC ini adalah sifatnya yang portabel sehingga bisa dipindah ke mana-mana. Tapi bila Anda menggunakan air conditioner maka Anda tidak akan bisa memindah-mindahkan perangkat pendingin tersebut. Dengan sifatnya yang portabel, maka Anda akan leluasa untuk menyalakan kipas angin AC di ruangan manapun, karena bisa dipindah-pindahkan. Selain hemat listrik dan mudah dipindahkan, kipas angin AC juga memiliki kelebihan dimana perangkat ini mudah dirawat dan dibersihkan. Berbeda dengan air conditioner yang hanya bisa dibersihkan oleh ahli service. Dari sini maka perawatan air conditioner memerlukan biaya untuk mendatangkan ahli serivice.

Terakhir, kelebihan dari kipas angin AC adalah harganya yang terjangkau. Produk pendingin kipas angin AC ini bisa Anda miliki dengan harga Rp 250 ribu hingga Rp 1,5 juta. Tapi bila Anda membeli air conditioner maka Anda harus bersiap mengeluarkan dana antara Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta, bahkan bisa lebih dari Rp 5 juta. Tentu dengan harga yang terjangkau maka kita bisa menghemat pengeluaran dan bisa menggunakan dana untuk keperluan lain.

Namun seperti produk-produk lainnya, dibalik segala kelebihannya, kipas angin AC ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan pertama dari produk pendingin ruangan ini adalah kualitas udara dingin yang dihasilkan tak sebaik air conditioner. Memang harus diakui jika mau membandingkan kualitas udara dingin kipas angin AC ini tak sebaik yang dihasilkan air conditioner. Udara dingin yang dihasilkan kipas angin AC ini memang hanya dipengaruhi oleh kelembaban. Sementara air conditioner bekerja dengan proses konversi yang dibantu oleh beberapa senyawa untuk kemudian udara panas yang ada diubah menjadi udara dingin.

Kekurangan kipas angin AC selanjutnya adalah kemungkinannya memunculkan beberapa sumber penyakit seperti bakteri, virus, jamur dan parasit lainnya. Beberapa sumber penyakit ini memang bisa muncul dari kipas angin AC bila perangkat ini digunakan ditempat yang salah yakni di ruangan tertutup dengan sirkulasi yang buruk. Jika perangkat ini dinyalakan di tempat tersebut, memang kelembaban yang dihadirkan kipas angin AC bisa membuat muncul jamur, bakteri, virus dan parasit.
Maka dari itu Anda yang ingin menghindari munculnya beberapa sumber penyakit dari penggunaan kipas angin AC harus cermat menentukan lokasinya. Jadi pastikan Anda menyalakan kipas angin AC di tempat yang benar yakni di ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Karena perangkat ini mudah untuk dipindah-pindahkan maka seharusnya membuat Anda tak kesulitan untuk menemempatkan kipas angin AC di area yang disarankan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Sepatu Nike Flyknit – Dynamically Flexible